Buku Instrumen Penilaian Praktikum Fisika: Evaluasi untuk Mengukur Keterampilan 4C menghadirkan pendekatan baru dalam dunia pendidikan fisika yang mengutamakan penilaian berbasis keterampilan abad ke-21, yaitu Critical Thinking (berpikir kritis), Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi), dan Creativity (kreativitas). Buku ini dirancang untuk membantu pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan instrumen penilaian praktikum fisika yang tidak hanya menilai pemahaman konsep, tetapi juga kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu fisika dalam situasi nyata dengan kemampuan berpikir, berkomunikasi, dan berkolaborasi secara efektif.
Memasuki bab-bab awal, pembaca diperkenalkan pada pentingnya keterampilan 4C di era modern, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi yang berupaya mencetak lulusan siap kerja dan siap menghadapi tantangan global. Buku ini mengupas berbagai aspek teoretis dan praktis tentang bagaimana keterampilan 4C dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum praktikum fisika. Dalam bab-bab selanjutnya, penulis memperkenalkan berbagai instrumen evaluasi yang dirancang khusus untuk laboratorium fisika, dengan mengadopsi metode analisis Rasch sebagai alat utama untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen penilaian.